FMIPA Untuk Negeri

Dalam rangka meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama dan sebagai bentuk implementasi dari pemanfaatan inovasi dan teknologi. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bermaksud mengadakan “FMIPA Untuk Negeri” sebagai bentuk kontribusi dalam membantu memajukan Indonesia.  FMIPA Untuk Negeri adalah sebuah program yang bersifat pengabdian kepada masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi. Melalui bimbingan belajar yang diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar anak-anak di daerah setempat yang sempat menurun dikarenakan adanya pandemic yang menyebabkan pembelajaran di sekolah yang dilakukan secara daring. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dengan adanya workshop-workshop yang membangkitkan minat berwirausaha karena banyaknya masyarakat kehilangan pekerjaan semenjak adanya pandemi.

Sebagai generasi penerus bangsa, diharapkan mahasiswa turut serta dalam membangun negara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Oleh karena itu, diadakannya Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 diharapkan mampu memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkontribusi langsung pada masyarakat lewat kerja nyata pada masyarakat.

Kegiatan FUN ini diadakan selama empat hari, persiapan sebelum acara pada hari kamis tanggal 28 Oktober titik kumpul SO BEM FMIPA. Hari pertama acara pada tanggal 29 Oktober 29 acara pembukaan yang dibuka oleh bapak sekretaris desa Karagan dan Ibu sifa’ selaku WDIII. Selanjutkan penyuluhan menjaga kebersihan lingkungan dengan tema “Bumi kita perlu dijaga” oleh Toni P dan penyuluhan  Menjaga imunitas untuk Kesehatan Tubuh” oleh bapak Erlix.selanjutnya pada sore hari les dan setelah bada’ magrib latihan pensi. Hari kedua berkaitan dengan penyuluhan yang disampaikan oleh bapak erlix yaitu penyuluhan dan pelatihan “Wedang Uwu” yang disampaikan oleh Dwi Nur Q dan Luspita. Kemudian ada pembagian masker di masjid desa karagan. Dan pada sore harinya aktifitas seperti biasanya. Hari ketiga penyuluhan tentang “Peran Strategi Orang tua dalam membimbing Proses Belajar Anak” di balai desa oleh PT TEI.

Selain acara penyuluhan ditempat yang berbeda tepatnya di MI Desa karagan diadakan lomba mewarnai dan lomba cerdas cermat. Pada sore hari Mengajar les dan setelah bada’ magrib latihan untuk adek-adek. Hari terakhir yaitu tanggal 1 November 2020 acara lomba tartil dan adzan di masjid al-Mubarok desa karagan. Sebelum lomba, diadakan senam pagi oleh ibu-ibu dan penduduk setempat. Setelah lomba sebagian panitia menyemprot tempat yang digunakan dengan cairan disinfektan. Lomba yang dimulai pertama adalah lomba adzan yang kemudian dilanjutkan lomba tartil. Setelah lomba selesai pengumuman lomba diumumkan pada penutupan malam hari. Pada acara penutupan diisi dengan anak-anak sekitar bernyanyi, dance, membaca puisi dan pengumuman lomba, serta kesan dan pesan yang disampaikan oleh bapak sekertaris serta serah terima kenang-kenangan.

By adminbem

Badan Ekskutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya Periode 2021 Kabinet Atmamarta

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *