PKKMB FMIPA 2020

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unesa dilaksanakan secara daring via zoom meeting conference dan dilaksanakan secara offline oleh 23 panitia di auditorium D1 Slamet Dajono FMIPA Unesa, dengan mematuhi protokol kesehatan selama tiga hari. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 8 september 2020 pra PKKMB dan PKKMB pada tanggal 9-11 September 2020. Pembukaan PKKMB yang diikuti 698 mahasiswa baru ini dilaksanakan pada Rabu (9/9)

Dekan FMIPA, Prof. Dr. Madlazim, M.Si. memberikan sambutan sekaligus membuka acara PKKMB, menyampaikan bahwa bidang MIPA dan Pendidikan MIPA merupakan bidang yang sangat penting bagi perkembangan IPTEK untuk perkembangan dan keberlanjutan hidup bangsa, terlebih di era industry dan society 5.0 ini. Mulai tahun 2020 FMIPA Unesa menerapkan kurikulum merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan mahasiswa atau lulusan FMIPA dengan masyarakat, dunia usaha dan dunia industri. “Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa belajar tentang pendidikan dan ilmu ke MIPA an yang dibutuhkan masyarakat, dunia industri dan dunia usaha secara langsung”, tutur Dekan FMIPA.

Dilanjut dengan pengenalan pimpinan jajaran dekanat, ketua masing-masing jurusan, sekretaris masing-masing jurusan, ketua laboratorium, dan pendamping  kemahasiswaan jurusan yang dilakukan secara online dan melakukan sapa online pada masing-masing dosen.

Pemateri yang dihadirkan ada 8 pemateri dengan materi yang beragam. Dekan FMIPA, Prof. Dr. Madlazim, M.Si sebagai pemateri Kuliah umum dengan tema ‘Visi Misi, Program FMIPA dan Kampus Merdeka’. Wakil dekan bidang akademik, Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.kes sebagai pemateri kuliah umum dengan tema ‘Strategi Belajar di Perguruan Tinggi’. Wakil dekan bidang umum dan keuangan, Dr. Hj. Masriyah, M.Pd. sebagai pemateri kuliah umum dengan tema ‘Manajemen Pelayanan Administrasi Umum dan Keuangan’. Wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni, Dr. Sifak Indana, M.Pd. sebagai pemateri kuliah umum dengan tema ‘Organisasi dan kegiatan kemahasiswaan’.

Kemudian dari bimbingan konseling fakultas, Dra. Evie Ratnasari, M.Si. sebagai pemateri etika belajar dan informasi menghindari penipuan di perguruan tinggi. Tim penalaran Fakultas, Dian Novita, S.T., M.Pd. dan Setyo Admoko, S.Pd., M.Pd. dengan masing- masing menyampaikan materi PKM 5 bidang dan plagiarisme. Dan materi yang terakhir, komunikasi di perguruan tinggi yang disampaikan oleh tiga pendamping kemahasiswaan jurusan, yakni Dwi Nur Yunianti, S.Si., M.Sc., Abu Zainuddin, S.Pd., M.Pd., dan Rusly Hidayah, S.Si., M.Pd. 

Dalam kesempatan itu Wakil dekan bidang kemahasiswaan mengajak seluruh mahasiswa baru untuk semangat berprestasi, FMIPA tidak berhenti mencetak prestasi meskipun dimasa pandemi ini, salah satunya FMIPA sebagai penyumbang terbanyak proposal didanai se Unesa pada PKM 5 bidang yakni sebanyak 17 proposal dan juga penyumbang terbanyak pada PKM KT dan GFK yakni sebanyak 10 proposal.

Panitia PKKMB FMIPA, Allif mengatakan untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam acara PKKMB ini, panitia  menyelingi dengan menyanyi jargon bersama dan interaksi tanya jawab dengan mahasiswa baru.

Published
Categorized as Akademik

By adminbem

Badan Ekskutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya Periode 2021 Kabinet Atmamarta

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *