Training Of Mentor (TOM)

Dari banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa adapun suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam proses pembentukan karakter, menciptakan jiwa Qur’ani mahasiswa dalam mengasah kemampuan untuk menjadi mentor serta menumbuhkan rasa ingin mendalami Alquran. Kegiatan tersebut yaitu Training Of Mentor yang diadakan oleh Departemen Agama BEM FMIPA Unesa. Dengan banyaknya manfaat positif yang didapat dari kegiatan ini, diharapkan seluruh mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini dapat menerapkan ilmu positif yang mereka dapat pada aktivitas sehari-hari mereka. Selain menerapkan dalam kehidupan, mahasiswa yang mengikuti TOM akan menjadi mentor bagi mahasiswa baru di jurusannya masing-masing. Kegiatan Training Of Mentor ini biasanya dilaksanakan pada awal perkuliahan semester ganjil, karena setelah itu para mentor akan menyambut mahasiswa baru di jurusannya. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 5 jurusan yang ada di FMIPA Unesa, yakni jurusan matematika, jurusan fisika, jurusan biologi, jurusan kimia, dan jurusan IPA.

Pada kegiatan TOM ini tidak hanya diberikan materi untuk mentor, namun juga diajarkan cara menjadi mentor yang baik untuk mahasiswa baru. Dalam berlangsungnya kegiatan akan dilakukan praktek menjadi mentor, supaya para mahasiswa lebih bisa memahami atas ilmu yang telah disampaikan. Kegiatan ini sudah berjalan lama di FMIPA Unesa dan dilakukan langsung secara tatap muka. Namun, karena adanya pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara tatap muka, akhirnya kegiatan TOM dialihkan menggunakan media zoom agar mahasiswa tetap bisa menjadi mentor untuk mahasiswa baru dan supaya kegiatan positif yang selalu diadakan setiap tahun tidak vakum hanya karena pandemi. Meskipun menggunakan media zoom mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan selalu aktif selama kegiatan berlangsung. Tak bisa dipungkiri, memang ketika mempraktekkan suatu kegiatan dengan cara online akan lebih sulit dilakukan. Namun, banyak mahasiswa yang berusaha agar kegiatan ini tetap berjalan dengan lancar dan ilmu yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Tak lupa, saat berlangsungya kegiatan. Panitia dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini juga menerapkan hal-hal yang akan digunakan pada saat mahasiswa menjadi mentor kepada mahasiswa baru. Seperti  melakukan doa bersama disaat memulai ataupun mengakhiri kegiatan Training Of Mentor, menggunakan bahasa yang sopan, dan melukan intruksi ketika ingin bertanya atau menanggapi.

Peserta Training Of Mentor (TOM)
Sambutan oleh Wakil Dekan bidang kemahasiswaan dan alumni

By adminbem

Badan Ekskutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya Periode 2021 Kabinet Atmamarta

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *