Ngobrol Online #4

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unesa mengadakan Ngobrol Online jilid 4 pada Rabu (29/7). Sosialisasi yang diusung yakni PKM 5 Bidang Belmawa, Kompetesi Sobat Bumi, dan SE Rektor Akademik. Kegiatan ini dilakukan melalui aplikasi zoom meeting conference dan live youtube BEM FMIPA Unesa.

Dekan FMIPA Universitas Surabaya, Prof. Dr. Madlazim, M.Si.  yang memberikan sambutan dan juga sekaligus membuka acara ini, menuturkan bahwa di masa pandemi ini mahasiswa diharapkan senantia mengisi kegiatan yang produktif dan dalam kondisi yang menggembirakan. “Mahasiswa harus mampu memacu prestasi dan kemampuan diri, baik di bidang akademik maupun non akademik,” ujar dekan FMIPA.

Dian Novita, S.T., M.Pd. (Dosen Penalaran Kemahasiswaan dan Dosen Jurusan Kimia Unesa) memaparkan tentang PKM 5 bidang belmawa bahwa mahasiswa yang mampu lolos PIMNAS dari pengajuan Proposal PKM , maka ada penghargaan yaitu penyetaraan sama dengan mata kuliah Skripsi berdasarkan kebijakan Rektor. Ada 3 Kelompok Besar untuk Jenis PKM yaitu PKM 5 Bidang, PKM AI/GT dan PKM GFK, tetapi biasanya dari Info Dikti Diklasifikasikan dalam 2 sesi yaitu PKM 5 Bidang dan PKM KT. PKM 5 Bidang di tahun 2020 sedikit berbeda, hal ini dikarenakan terdapat kondisi Pandemi Covid 19, dimana pada akhirnya Penyelenggaraan di transformasikan secara daring baik Pelaksanan di Lapangan, Output dan Anggaran. Selain beberapa perubahan ke arah transformasi digital ,juga ada perubahan pada pelaksanaan / Timeline PKM 5 Bidang, hal ini tercantum dalam Panduan Adendum PKM 5 Bidang. Kegiatan pembekalan PKM ini ditingkat fakultas meliputi Laporan Kemajuan dan Laporan Akhir pada bulan September. PKM Usulan 2020 untuk pendanaan Tahun 2021 , ditingkat UNESA diperkirakan dimulai pada awal agustus untuk PKM AI/GT/GFK dan awal oktober untuk PKM 5 Bidang. “Untuk memfasilitasi mahasiswa di tiap jurusan terkait PKM ini, maka dibentuk semacam Posko PKM yang meliputi Sharing kakak kelas ke adik kelas, dan mencermati administrasi proposal,” tutur Dian.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unesa, Dr. Sifak Indana, M.Pd. menjelaskan tentang kompetisis sobat bumi. Kompetisi Sobat Bumi merupakan kompetisi yang diadakan oleh PT Pertamina yang pada tahun 2020 adalah tahun ke-10 penyelenggaraan kompetisi, yang sebelumnya dikemas dalam nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Dalam situasi Pandemi Covid-19  yang membatasi tatanan berkehidupan dan berkegiatan di masyarakat, Pertamina tetap mendorong adanya kegiatan produktif guna meningkatkan kreativitas bangsa dengan mengadakan kompetisi secara online melalui website www.sobatbumi.id. Program Kompetisi Sobat Bumi ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu Kompetisi Teori Sains dan Kompetisi Proyek Inovasi IBT. Kompetisi ini bisa diikuti oleh Mahasiswa maupun Dosen, Mahasiswa bisa mengajukan PKM kemarin untuk kompetisi ini  dengan merevisi dan menyesuaikan dengan ketentuan kompetisi.

Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA, Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes. memaparkan tentang SE Rektor Akademik yang berisi sebagai berikut.

  1. Perkuliahan semester gasal 2O2O/202l dilaksanakan secara daring.
  2. Tatap muka daring setiap mata kuliah dilakukan sekurang-kurangnya 6 (enam) kali dari 15 (lima belas) tatap muka yang terjadwal misalkan melalui Zoom, maupun Google Meet dan sisanya dapat menggunakan aplikasi non tatap muka lainnya seperti WA Grup, Google Classroom
  3. Pelaksanaan praktikum untukmata kuliah tertentu/KKN/PLP/PKUPIdapat dijadwal ulang pada akhir pelaksanaan semester gasal 2020/2021. Namun, apabila penjadwalan ulang tersebut menyebabkan masa studi mahasiswa menjadi lebih panjang. pelaksanaan praktikum atau kegiatannya dapat dimodifikasi/dikonversi dengan kegiatan lain yang setara.
  4. Penelitian Tugas Akhir-D3/Skripsi Sl diarahkan untuk: a. Mahasiswa yang memprogram mata kuliah Skripsi pada semester Gasal 2020/2021 tagihan akhirnya adalah artikel ilmiah;  b. Artikel ilmiah tersebut dinilai oleh tiga orang, termasuk dosen pembimbing
  5. Utk PLP angkt 2017 (4 sks) ini gabungan antara PLP I dan PLP IIPelaksanaan secara daring dengan meliputi kegiatan melihat budaya sekolah, kebiasaan2 positif, kokurikuler, ekstra kur, kurang lebih sama dg PLP I kemarin. Sedangkan yang latihan praktik mengajar mhs bisa mengupload video simulasi ketika dia mengajar, di bawah pengawasan GP dan DP dengan catatan latihan riel teaching secara on line dengan kesempatan 2 kali.
  6. Kegiatan Merdeka Belajar / Kampus Merdeka Mahasiswa S1 angkatan 2020 dan 2019 akan belajar dengan kurikulum:
    1. 5-1-2. ( Angkatan 2020 ) 5 semester belajar di prodi, 1 semester di luar prodi dalam Unesa, dan 2 semester di luar Unesa (PLP/PKL/PI,KKN, Magang penelitian, dll …. Ada 8 skema).
    2. 6-0-2. ( Angkatan 2019) 6 semester belajar di prodi, 2 semester di luar Unesa

By adminbem

Badan Ekskutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya Periode 2021 Kabinet Atmamarta

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *