Tembus PKM dan PIMNAS Melalui Webinar FMIPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan kegiatan webinar workshop program kreativitas mahasiswa 2020 series 2 yang mengusung tema ‘Kiat Sukses Menembus PKM dan PIMNAS’ melalui aplikasi zoom meeting conference pada Rabu (10/6). Dengan 208 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa FMIPA, FT, dan juga umum seperti Universitas Hassanuddin dan Politeknik AKA.

Pemberian sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA, Dr. Sifak Indana, M.Pd, dengan pembawa acara yang disampaikan oleh Rama Dina Mahasiswa jurusan Matematika.

Pemaparan materi disampaikan oleh Jazuli, S.T., M.Eng (Dosen Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan juri PKM tingkat Nasional). Dan Eggi Novitasari mahasiswa jurusan Matematika sebagai moderator.

Jazuli, dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa skor untuk PKM yakni 50% pengabdian kepada masyarakat, 35% penelitian, dan 15%  pendidikan atau pengajaran. Kombinasi dari ketiga tersebut yang agak sulit digabungkan. Kendala yang biasanya dialami oleh mahasiswa yakni menyusun latar belakang.

“Berawal dari penelitian yang gagal dan lama kelaman tersadari. Sedikit kegagalan ternyata memberikan dampak yang luar biasa. Dari produk yang simple ini bisa untuk digunakan produk yang dapat digunakan masyarakat sehari-hari,” ujar Jazuli.

Sifak Indana, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan Workshop melalui webinar ini sangat penting karena ditahun tahun mendatang selalu ada acara PIMNAS. “Saya berharap para mahasiswa tidak kehilangan momen ini meskipun situasinya pandemi dan tetap semangat sebagai peneliti,” ungkap Sifak. (Aida)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *