PKM FMIPA Bagi Tips melalui Webinar

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan kegiatan webinar workshop program kreativitas mahasiswa 2020 yang mengusung tema ‘Menjadi Mahasiswa Produktif dan Kreatif di Era Pandemi Covid-19’ melalui aplikasi zoom meeting conference pada Sabtu (6/6).

Webinar series 1 yang mengusung tema Berpikir Ilmiah ini, diikuti oleh 261 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa FMIPA, FBS, FT dan umum. Pemberian sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA, Dr. Sifak Indana, M.Pd, serta dilanjutkan pengantar oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Pemaparan materi disampaikan oleh Mochammad Zakki Fahmi, Ph.D (Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga) dan Ghea Dionita Sanora, S.Si (alumni PKM-PE PIMNAS 32 dan juga alumni jurusan Biologi FMIPA Unesa lulus jalur PIMNAS).

Zakki Fahmi, dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa dalam berpikir dibagi menjadi dua bagian. Pertama, berpikir nonilmiah dengan berdasarkan pada kebiasaan, prasangka, intuisi, coba-coba dan kebetulan. Sedangkan yang kedua, berpikir ilmiah berdasarkan pada langkah-langkah yang rasional, empiris, dan sistematis dengan menjunjung tinggi sikap skeptis, analitis, dan kritis terhadap seluruh data atau informasi.

Sementara itu, Ghea Dionita memaparkan terkait persiapan membuat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Menurut alumni jurusan Biologi FMIPA Unesa, yang pernah merasakan lolos jalur Pimnas itu, hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat PKM adalah mencari topik dan arah penelitian, membentuk tim sesuai dengan bidang ilmu yang akan diteliti, memilih dosen pembimbing, dan terakhir membuat proposal PKM.

“Sebenarnya, cara menyusun PKM hingga bisa lolos terdanai dan menembus Pimnas sudah ada di pedoman PKM yang diberikan Kemenristekdikti. Namun, mahasiswa perlu patuh dan disiplin dengan aturan yang ada, mulai dari penulisan, disiplin waktu dan sebagainya,” ungkap Ghea.

Sifak Indana, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan, meski dalam masa pandemi covid-19 kreativitas harus terus diasah. “Kegiatan ini bisa digunakan untuk memicu kreativitas kita,” tutur Sifak Indana.

Agus Hariyanto, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan, bisanya kegiatan seperti ini dilakukan secara offline. Namun, karena adanya pandemi maka kegiatan dilakukan secara online melalui webinar.

“Dengan adanya pandemi covid-19 ini, memaksa kita untuk memanfaatkan teknologi sebagai pelaksanaan kegiatan masing-masing,” ujar Agus. (aida/sir)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *