Paid Promote

Di postingan sebelumnya kami telah menjelaskan apa dana usaha dan bagaimana cara mendapatkannya, salah satu caranya yaitu penjualan jasa melalui jasa paid promote. Apa itu paid promote? Paid promote adalah jasa untuk mempromosikan suatu usaha atau komunitas atau acara dengan berbayar. Paid promote dilakukan melalui platform media social baik instagra, twitter ataupun facebook. Jasa paid promote dapat dilakukan jika jumlah followers atau teman yang melihat postingan kita berjumlah puluhan ribu keatas. Persyaratan ini cukup sulit untuk kita yang notabene bukan selebgram dengan puluhan ribu followers, namun kelebihan sebuah organisasi adalah memiliki anggota dengan jumlah banyak, sehingga jika seluruh followers anggota organisasi di gabungkan maka didapatkan jumlah followers yang sepadan dengan selebgram. Jasa paid promote yang di lakukan organisasi ini lebih dilirik oleh para pengusaha atau konsumen yang membutuhkan jasa promosi karena banyaknya anggota yang memposting yang tidak dalam waktu bersamaan namun hal ini memberikan peluang lebih besar kepada konsumen untuk hal yang mereka promosikan sering di lihat oleh orang, terutama jika menggunakan platform instagram, jika banyak akun yang memposting maka hal postingan yang di posting dapat memiliki peluang untuk masuk ke explore, hal ini tentu sangat menguntungkan konsumen yang memakai jasa paid promote, karena mereka dapat menjangkau lebih luas lagi. Selain banyaknya akun yang memposting, jasa paid promote yang di lakukan organisasi biasanya lebih menguntungkan dalam segi fasilitas dibanding kita memakai jasa selebgram, seperti lamanya postingan di keep dalam feeds akun, bahkan juga frekuensi postingan atau frekuensi instastory.

Ada beberapa tips agar jasa paid promote kita dilirik diantara banyaknya jasa paid promote yang bersaing antar organisasi,

  1. Admin

Tentu saja jasa paid promote memrlukan admin, admin disini adalah yang menentukan dan menerima orderan jasa paid promote serta juga bertanggung jawab agar jumlah postingan dan followers yang di sepakati dengan konsumen tercapai sesuai kesepakatan. Admin juga harus cepat tanggap saat konsumen bertanya-tanya mengenai fasilitas ataupun jadwal upload. Peran admin disini adalah jembatan antara konsumen dengan anggota organisasi lainnya, maka admin harus tegas baik kepada konsumen dan kepada anggota organisasi. Alangkah lebih baik jika admin lebih dari satu dengan media komunikasi yang berbeda (line, whatsapp, telegram) agar dapat mempermudah konsumen menggunakan platform apapun. Admin pun harus memiliki data lengkap konsumen, karena di era serba digital sangat mudah seseorang melakukan penipuan, karena hal ini dapat mempengaruhi kinerja paid promote selanjutnya.

  • Cara pembayaran

Dalam pengelolaan bisnis di era yang serba gadget, metode pembayaran merupakan hal yang sangat krusial, ada banyak sekali metode pembayaran dari m-bangking, dompet online (link aja, dana, ovo. byU, dll), semakin banyak jenis metode pembayaran maka akan mempermudah konsumen dalam bertransaksi, sehingga konsumen tidak perlu risah jika transfer dengan beda bank dan dikenakan biaya admin.

  • Bangun kesan pertama

Hal ini sangat penting dalam sistem dagang, kesan pertama dapat menentukan apakah kita memiliki pelanggan tetap atau hanya pelanggan yang numpang lewat. Kesan pertama yang baik dapat di bangun dengan menjalin komunikasi dengan konsumen yang ramah, menjalankan hak dan kewajiban kedua belah pihak dengan baik, juga memberikan laporan setelah proses penguplodan agar ada rasa puas dan lega dari konsumena, dan hal ini dapat memberikan peluang jasa paid promote kita dilirik kembali oleh konsumen yang sama atau lebih karena sama halnya dengan dagang yang lain, kepercayaan dari satu konsumen dapat menjadi modal konsumen selanjutnya untuk menggunakan jasa kita.

  • Perbarui sistem secara berkala

Jika paid promote dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, ada baiknya sistem paid promote dilakukan secara berkala, karena seiring bertambahnya orderan dan kepercayaan pelanggan maka kita dapat meng-upgrade biaya atau fasilitas jasa paid promote kita, selain itu poster baru juga dapat menginfromasikan jika terjadi perubahan jumlah followers atau akun yang memposting, hal ini tentu membuat konsumen yang membutuhkan jasa promosi akan datang kepada kita.

Penulis :

Fahira Nadiva Ernandi

Staff Ahli Administrasi Umum dan Keuangan Dana Usaha

Biro Umum BEM FMIPA UNESA

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *