Quotes & Podcast edisi : Ramadhan

Hai teman teman, kalian pasti sudah tahukan apa itu quotes dan podcast? Pasti juga sudah lihat quotes dan podcast yang ada di instagram BEM FMIPA mengenai bulan ramadhan. Mau tau kenapa kami membuat quotes dan podcast tersebut? Yuk simak☺️

Dalam kondisi seperti ini tidak banyak kegiatan yang dilakukan dalam bidang keagaaman. Maka dari itu, sebelum memasuki ramadhan dan saat ramadhan tiba, terbersit sebuah ide untuk melakukan kegiatan. Diawali dengan membuat quotes quotes menjelang ramadhan. Yang dimaksudkan untuk menyiapkan diri agar saat menjalani ramadhan dilaksanakan dengan baik. Pada saat bulan ramadhan pun masih berlanjut, yang mana isinya untuk meningkatkan amalan-amalan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Pada bulan ramadhan pun dibuat podcast mengenai dakwah yang diisi oleh mahasiswa aktif FMIPA sendiri yang ditujukan untuk berbagi ilmu agama, menambah wawasan agama, dan tidak lupa sebagai ajang belajar untuk menyampaikan dakwah. Dijelaskan dalam riwayat Ahmad,Tabrani, Daruqutni. Disahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah bahwa “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”.

Diadakannya quotes menjelang dan saat ramadhan, serta podcast saat ramadhan dapat menjadi tambahan ilmu untuk mahasiswa FMIPA. Ketika terjadinya pandemic yang menyebabkan banyak mahasiswa tidak dapat bertemu, tidak pergi ke kampus, melaksanakan tarawih di rumah masing-masing, hingga tidak dapat mengikuti kajian islami seperti biasanya. Hal yang paling menyedihkan tidak hanya karena tidak dapat melaksanakan tarawih berjamaah di masjid, namun saat tidak dapat mengikuti kajian islami. Dalam kajian yang biasanya diisi tentang ajaran-ajaran islami yang membuat para pendengar terketuk hatinya untuk berhijrah dan semakin dekat oleh Sang Pencipta. Meskipun tidak dapat melaksanakan tarawih berjamaah di masjid, mahasiswa tetap harus menata dirinya agar mendapat ridho dalam kehidupannya oleh Allah Swt. Dengan cara tetap mengikuti kajian. Quotes menuju ramadhan ini akan membantu mereka untuk saling mengingatkan pada hal hal kebaikan, setelah tiba ramadhan quotes tetap diteruskan supaya mahasiswa FMIPA dapat semakin teringat akan hal baik yang harus ia perbuat. Dengan begitu di sela -sela mereka berselancar di media sosial, mereka tetap mendapatkan ilmu yang bermanfaat walau hanya satu kalimat. Kemudian podcast yang dilaksanakan saat ramadhan tiba, juga dapat menggantikan kajian-kajiam yang biasanya diikuti ketika di kampus. Karena waktu podcast yang hanya beberapa menit, namun isinya sangat mudah untuk dipahami. Bagi mahasiswa yang memiliki data internet yang minim dan apabila ingin mengikuti live kajian di instagram membutuhkan banyak data internet. Mereka dapat mendengarkan podcast dari BEM FMIPA yang telah disediakan. Dengan begitu waktu yang mereka luangkan setiap hari untuk mempelajari agama akan sangat berguna di akhirat kelak. Karena apapun yang diperbuat manusia akan dihisab oleh Allah Swt. Termasuk hal hal kecil sekalipun.

Oleh : Riza Azizah Pratami

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *