Departemen Advokasi dan Kajian Strategis BEM FMIPA Unesa 2020 Divisi Advokasi

Perkembangan Radio Siaran – Story Mass

Divisi Advokasi merupakan salah satu divisi yang ada pada Departemen Advokastra BEM FMIPA Unesa yang memiliki tugas utama yaitu menjalankan fungsi advokasi terkait pelayanan informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa FMIPA demi kesejahteraan bersama. Divisi advokasi memberikan bantuan dan memfasilitasi  mahasiswa FMIPA dalam memperoleh informasi seputar akademik, sarana prasarana kampus, beasiswa, maupun informasi-informasi lain terkait permaslahan yang dihadapi oleh mahasiswa FMIPA.

Dalam pelayanannya, Divisi Advokasi Departemen Advokastra BEM FMIPA Unesa menyiapkan beberapa progam sebagai upaya memfasilitasi mahasiswa FMIPA dalam pemerolehan informasi. Adapun program tersebut :

  1. Advo News adalah suatu penyediaan informasi beasiswa bagi mahasiswa khususnya mahasiswa di lingkup MIPA melalui media instagram. Target dari agenda Advo News adalah tersalurkannya informasi terkait beasiswa bagi mahasiswa MIPA dan terlaksanakannya fungsi advokasi.

Contoh Informasi beasiswa yang telah di publikasikan dalam media instagram adalah Beasiswa CIMB ASEAN (https://careers.cimb.com/students/cimb-asean-scholarship) , Beasiswa Mindo Campus (bit.ly/beasiswa-mindocampus), Beasiswa Cendekia Baznas Indonesia (bit.ly/daftarBCBIndonesia2020).

  • Jaring Aspirasi UKT : Merupakan suatu agenda penjaringan UKT yang dilaksanakan kondisional karena keadaan, seperti adanya Covid-19 ini. Jaring aspirasi UKT ini dimaksudkan untuk menindak lanjuti dampak dari adanya wabah COVID-19 yang mengakibatkan terganggunya proses belajar dan mengajar di kampus serta berdampak pada perekonomian keluarga yang nantinya akan dikomunikasikan dengan pihak birokrat.

Hasil audiensi bersama dekanat yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 09 Mei 2020 pukul 13.00-16.00 mengenai jaring aspirasi UKT adalah sebegai berikut:

Pembahasan II : Persoalan UKT Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19

  1. Pihak fakultas tidak dapat menentukan perihal penurunan UKT. FMIPA hanya dapat mengusulkan kepada rektorat, namun keputusan tetap berada pada pihak rektorat. Oleh karena itu, diharapkan pihak fakultas dapat selalu menanyakan dan mengupayakan kepada WR 2 terkait hal tersebut.
  2. Subsidi kuota unesa dilaksanakan sesuai dengan arahan universitas yaitu akan diberikan sebanyak 3 bulan. Uang subsidi kuota bersumber dari pemotongan RBA Fakultas yang bersumber dari pengalihan dana praktikum. Pihak fakultas dan mahasiswa diharapkan dapat mengawal pemberian kuota secara merata dan sesuai dengan yang dijanjikan.
  3. Direncanakan adanya sistem penundaan pembayaran UKT untuk perkuliahan semester ganjil 2020. Mahasiswa dapat mengajukan penundaan pembayaran tersebut sesuai dengan prosedur yang akan dikeluarkan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *